Launching Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPANDU) IAB UNSOED
[unsoed.ac.id, Kam, 24/11/22] Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPANDU) Integrated Academic Building (IAB) Unsoed dilaunching, Kamis (24/11). SIPANDU secara resmi dilaunching oleh Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr yang bertempat di Ruang Ballroom SBSN Gedung IAB Lantai 5 Unsoed.
Ketua Tim Pengelola IAB Unsoed Krissandi Wijaya S.TP.,M.Agr.,Ph.D dalam laporannya mengatakan sesuai dengan rencana pengembangan dan fungsinya sebagai pendukung kegiatan akademik secara terpadu, Gedung IAB menjadi salah satu Gedung tertinggi dan terluas di Unsoed. Gedung ini memiliki 117 ruangan, dan sejak Februari 2022 sampai saat ini intensitas penggunaan ruang-ruang beserta fasilitas yang ada di IAB cukup tinggi. Sebagai contoh penggunaan ruang kelas kuliah, kegiatan mahasiswa, dan pertemuan Lembaga/unit kerja per minggunya mencapai 20 kegiatan, dan ini diluar kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa, juga kegiatan CBT yang rutin 2 – 3 kali per tahun.
“Berdasarkan kondisi tersebut, maka dipandang perlu untuk pengembangan system informasi secara terpadu untuk mengatur dan mengelola penggunaan fasilitas agar dapat adil dan menyeluruh diakses oleh stakeholder yang ada di Unsoed, juga sebagai upaya meningkatkan pelayanan prima”, ungkap ketua tim pengelola IAB Unsoed.
Krissandi menambahkan bahwa sejak akhir Juni 2022, mulai dikembangkan Sistem Informasi IAB, dan selesai apda akhir Oktober 2022. Selanjutnya diadakan uji coba sampai pertengahan November 2022. “Sampai saat ini Sistem Informasi tersebut secara keseluruhan telah siap utuk dipergunakan dan diberi nama SIPANDU”, jelasnya.
Launching SIPANDU ditandai dengan pemukulan Gong oleh Rektor, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, para Dekan dan Ketua Tim Pengelola IAB Unsoed. Dalam kesempatan tersebut Rektor mengatakan bahwa dengan adanya teknologi Sistem Informasi akan memberikan layanan yang optimal. Rektor berharap setelah launching dan workshop, akan ada sosialisasi kepada pengguna. “Mudah-mudahan ikhtiar untuk menggunakan Sistem Informasi akan memudahkan layanan kita bersama”, harap Rektor.
Baca juga : Fapet UNSOED Kemabngkan Kerja Sama
Setelah kegiatan launching dilanjutkan dengan workshop peningkatan pelayanan akademik melalui SIPANDU. Sebagai narasumber yaitu bapak Turasman. Dalam workshop disampaikan tentang alur dalam SIPANDU. Diawali dengan Pembuatan Akun SIPANDU dengan menggunakan nomor Whatsapp (nomor Whatsapp digunakan sebagai Notifikasi peminjaman). Dilanjutkan dengan Pencarian Ruangan (di menu Ruangan, & memilih ruang yang akan dipakai).
Kemudian ke tahap Checkout Ruangan (isi Identitas peminjam & pemilihan tanggal dan jam peminjaman), dan Finish (peminjaman telah selesai, & peminjam akan mendapatkan bukti peminjaman). Pada workshop yang diikuti oleh perwakilan dari unit kerja di lingkungan Unsoed ini, peserta workshop juga mempraktikan SIPANDU.
#unsoedmajuterus
#merdekamajumendunia