Peran Strategis Etiket Melayani bagi Organisasi
[unsoed.ac.id, Rab, 26/08/20] Dalam melayani sesungguhnya bukanlah kita yang berjasa kepada mereka, melainkan sebaliknya, karena dengan dengan melayani mereka, sesungguhnya mereka memberi kesempatan bagi kita bekerja. Narasi yang disampaikan oleh Dr. Mite Setiansah, M.Si ini menjadi pamungkas dalam kelas online ‘Merdeka Melayani’ yang digelar oleh Unit Layanan Terpadu (ULT) Unsoed, Rabu (25/8).
Mengangkat tema etiket melayani, Mite yang juga Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed menegaskan, bahwa ada tiga etiket dasar dalam pelayanan, yakni memberikan layanan, membangun kontak, dan penampilan. “ Penampilan itu bagian yang tidak terpisahkan, karena 87 % informasi diperolah dari melalui pandangan, “ ungkap ahli public speaking Unsoed tersebut. Mite juga menambahkan, jangan lupa saat kita memberi pelayanan, kenali betul tipe siapa yang dilayani dan pastikan kita selalu menunjukkan bahwa siapa pun yang kita layani, mereka adalah sangat penting dan bermakna bagi organisasi atau korporasi.
Acara yang diselenggarakan secara daring ini, dimoderatori oleh Dr. Tedy Sudrajat, MH dari FH Unsoed dengan peserta yang tidak hanya diikuti oleh warga universitas, melainkan juga dari luar universitas. Sejumlah hal mengemuka dalam diskusi, yang berlangsung hangat dan padat gagasan, seperti apakah terdapat standar etiket dalam pelayanan serta bagaimana cara menghdapi klien yang unik atau khas.
Saat menutup acara, Ketua ULT Unsoed, M. Sugiarto, Ph.D menyampaikan, bahwa pada bulan September mendatang, kelas online akan tetap digelar dengan tema yang diangkat adalah tentang digitalisasi dalam proses pelayanan publik.
Maju Terus Pantang Mundur Tidak Kenal Menyerah!