RSGMP UNSOED Gelar Workshop Akselerasi Program Revitalisasi PTN
[unsoed.ac.id, Rab, 05/06/24] Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unsoed menyelenggarakan workshop revitalisasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed Menuju Kerja Sama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Rabu (05/06/2024). Kegiatan yang bertempat di Ruang Yudistira Lantai 1 Hotel Java Heritage Purwokerto, diikuti oleh Direktur RSGMP beserta para Wakil Direktur, para koordinator, dan staf RSGMP Unsoed.
Direktur RSGMP Unsoed drg. Irfan Dwiandhono, Sp.KG., M.Biomed., menyampaikan pentingnya revitalisasi rumah sakit dalam menghadapi tuntutan zaman. RSGMP Unsoed merupakan rumah sakit khusus gigi dan mulut yang telah beroperasi selama 12 tahun, menyediakan layanan dokter gigi spesialistik yang lengkap dan menjadi rujukan bagi masyarakat Jawa Tengah bagian Selatan, bahkan tak jarang mendapatkan rujukan pasien dari Pangandaran dan daerah lainnya. Beliau menyampaikan dukungan penuh dari Rektor Unsoed terhadap layanan JKN di RSGMP Unsoed yang akan turut mendukung Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Unsoed.
Lebih lanjut drg. Irfan mengatakan, workshop ini merupakan upaya akselerasi program revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024 serta meningkatkan mutu layanan RSGMP Unsoed menuju kerja sama dengan BPJS Kesehatan. "Dengan adanya workshop ini, berharap dari BPJS, Dinkes dan DPMPTSP Provinsi Jawa Tengah dapat membimbing RSGMP Unsoed apa saja persiapan yang perlu disiapkan," harap drg. Irfan.
Workshop menghadirkan tiga narasumber, Dr. Elhamangto Zuhdan M.K.M (Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah), Mochammad Rizal Sidik SE.,M.A.P (Sub Koordinator Pelayanan perizinan Bidang Kesra dan Lingkungan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah)), dan Ilda Nurul Fajri SKM.,AAAK (Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KCP Purwokerto).
dr. Elhamangto Zudan, M.K.M membahas materi tentang Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Presentasi ini memberikan perspektif yang lebih luas tentang standar pelayanan rawat inap yang harus dipatuhi oleh rumah sakit dalam menjalankan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.
Selanjutnya, Iidha Nurul Fajri, S.K.M.,AAAK, memberikan wawasan mendalam tentang regulasi dan persyaratan yang diperlukan oleh rumah sakit untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Materi dan diskusi yang disampaikan memberikan pemahaman yang jelas bagi para peserta terkait pemenuhan standar dan tahapan pengajuan kerjasama.
Sedangkan, Mochammad Rizal Sidiq, S.E., M.A.P, menyajikan materi terakhir tentang perizinan. Penekanan diberikan pada pentingnya pemahaman yang baik tentang prosedur perizinan yang berlaku dalam konteks kerjasama antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan.
Para narasumber berharap kerja sama antara RSGMP Unsoed dan BPJS Kesehatan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dalam mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan gigi dan mulut yang terjangkau dan berkualitas. Direksi RSGMP Unsoed dan segenap civitas hospitalia optimis dan berkomitmen untuk dapat segera mewujudkan kerjasama dengan BPJS dan memberikan pelayanan paripurna dengan sepenuh hati.
#unsoedmajuterus
#merdekamajumendunia